Selasa, 15 November 2011

Anda Perlu Tahu tentang Gula Darah


Pemeriksaan MCU (Medical Check Up) yang dilakukan secara menyeluruh bertujuan untuk mendeteksi secara dini adanya masalah kesehatan yang terjadi pada seseorang. Kebanyakan orang merasa sehat dan tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami perubahan status kesehatan.

Pemeriksaan laboratorium terbukti ampuh sebagai media pendeteksi adanya masalah tersebut. Komponen penting darah yang diperiksa salah satunya adalah gula darah. Banyak yang bertanya sebenarnya seberapa penting sih pemeriksaan terhadap subtansi ini?

Gula darah merupakan hasil pemecahan karbohidrat komplek dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Zat ini digunakan oleh tubuh sebagai energi untuk beraktivitas. Masalah kesehatan akan muncul bila terdapat gula darah dalam jumlah banyak dan tubuh tidak mampu mengkompensasi sepenuhnya. Kelebihan gula dalam darah ini menyebabkan seseorang menderita penyakit Diabetes Mellitus (kencing manis)

Pemeriksaan gula darah terdiri dari 3 macam diantaranya gula darah sewaktu (GDS), gula darah puasa (GDP) dan gula darah 2 jam setelah makan (GD2PP). Biasanya kedua pemeriksaan terakhir tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya kencing manis

Sepanjang hari, kadar gula darah seseorang fluktuatif setelah makan terjadi peningkatan dan kembali normal dalam waktu 2 jam. Batas kadar gula darah puasa yang normal adalah 70-110 mg/dL setelah malam sebelumnya berpuasa (±8 jam). Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg/dL pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula maupun karbohidrat lainnya.

Seseorang dikatakan menderita diabetes jika memiliki kadar gula darah puasa >126 mg/dL dan pada tes gula darah sewaktu >200 mg/dL , sesuai dengan kriteria diagnostik PERKENI (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia) 2006.

Bagi anda yang sudah terdeteksi mengalami peningkatan gula darah (kencing manis) ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan MCU rutin setiap tahun. Dianjurkan juga untuk melakukan pengecekan kasar sendiri dengan memakai alat yang dapat dipergunakan dirumah. Pada orang normal pun kadar gula darah dapat meningkat secara progresif namun ringan terutama bagi mereka yang jarang bergerak (olahraga).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar